Kamis, 06 Oktober 2016

MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN RI

Bulan Agustus 2016 ini merupakan gebrakan prestasi SDN Tenggulunan khususnya di bidang Olah raga. Kali ini siswa - siswi SDN Tenggulunan berhasil menyabet piala tingkat kecamatan. adapun juara - juara tersebut adalah :

JUARA 1 SEPABOLA SE-KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO
Dengan tim peserta : Juni Utomo, Fabed, Vicky, Catur, Firdaus, Sandi, Kevin, Barino, Ryan, Iqbal
TIM sepakbola SDN Tenggulunan 2016 ini telah mengalahkan 4 tim yakni di babak penyisihan SDN Kedungkendo 5-0 lalu mengalahkan SD Durungbedug 2-0  di semifinal mengalahkan SDN Sugihwaras dengan adu penalti 4-2 dan terakhir di final mengalahkan SDN Hangtuah 5-0


JUARA 1 JALAN CEPAT Atas nama Juni Utomo


JUARA 2 LARI CEPAT Atas nama Sandi Triwibowo


JUARA 3 TOLAK PELURU PUTRA Atas nama Kevin Yuliananda


JUARA 3 LOMPAT JAUH PUTRI  atas nama Nur Azizah


JUARA HARAPAN 1 GERAK JALAN PUTRI Kapten regu Baitul Ma'rufa

Terima kasih pada semua pihak yang telah membantu dan memberikan support untuk siswa siswi SDN Tenggulunan, sehingga bisa meraih Juara di tingkat kecamatan.

Sabtu, 09 April 2016

PENANAMAN JIWA WIRAUSAHA SEJAK DINI

Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan yakni membuat Gelang dari Tali Kur Pada hari kamis diajari oleh Pak Fidi sangat menyenangkan seperti postingan asyiknya gelang dari tali kur. Ada 2 jenis yang diajarkan, cara pertama itu sangat mudah sedangkan cara kedua sedikit sulit, tetapi saya hanya bisa membuat cara yang pertama yang ke dua juga sangat bagus Sayang aku tidak bisa cepat, butuh waktu lama untuk mempelajarinya tapi pada akhirnya bisa. Hasilnya tidak begitu bagus masih perlu merapikan /perbaikan

Karena semua kelas 5C
sudah dianggap bisa jadi pembuatan Gelang Tali Kur yang berikutnya setiap anak harus mengumpulkan gelang yang sudah jadi 2 gelang, setelah dikumpulkan dalam satu tempat lalu di jual di anak kelas ke kelas lain (tidak boleh dibeli sendiri /selain kelas 5C). Dan ternyata banyak anak yang mau beli bahkan sampai habis dan ada anak yang memesan gelang lagi. Senang sekali rasanya, ternyata hasil karya kita walau sederhana bisa laku terjual.
(hasil dibeli adik kelas 3)

Ternyata tidak hanya sampai disitu, penjualan yang telah dilakukan dikumpulkan oleh Pak Fidi dan dihitung semua apakah menguntungkan atau tidak. Setelah selesai perhitungan bersama akhirnya usaha yang kita lakukan layak yang artinya memiliki laba dan menguntungkan.... Horeee... Senangnya bukan main.. Selain dapat ilmu membuat ketrampilan juga mendapatkan ilmu berdagang / berwirausaha... Terima Kasih Pak Fidi


Berikut perhitungan Wirausaha yang telah kami lakukan

Penjualan gelang  @RP.1000 x 44            =    44.000

Pembelian Talikur
@RP 5.500  X  4          = 22.000
Korek                            =   2000
Gunting               =   5000       +
Total pembelian =    29.000  -


Laba kotor  =    15.000



Asyiknya Membuat Gelang Dari Tali Kur

Kali ini teman-teman kelas 5C akan melaksanakan praktek pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan membuat GELANG yang akan dibuat dari bahan dasar Tali Kur yang diajari langsung sendiri oleh Wali kelas yakni P. Fidi Handoko.

Untuk pembelian Tali kur diambilkan dari uang kas 1 minggu sekali Rp 1000,- Kali ini untuk satu kelas membeli 6 warna-warni Tali Kur. Sampai jadi dan setiap siswa memiliki 2 gelang untuk dipakai satu dan satunya untuk dijual, yang hasilnya dibelikan Tali kur lagi.


Apa sih tali kur itu ? Tali kur atau Tali melamin jika dilihat dari segi fisiknya hanyalah seutas rangkaian panjang berbentuk tali , tali kur berasal dari tali dan kur.Tali merupakansebuah serat jenis berbentuk panjang dengan berbagai diameter yang beragam dan jenis seratnya yang keras dan kaku sedangkan untuk kurnya itu sendiri berasal dari kata koor/koordinator, jadi apa sih sebenarnya tali kur.

Minggu, 03 Mei 2015

JUARA 1 SCOUTS CHALENGGE KABUPATEN SIDOARJO

Senang campur bahagia menangis gembira... itulah yang terungkap ketika Utusan Pramuka Putri SDN Tenggulunan yang mengikuti scouts challenge Kabupaten Sidoarjo Juara 1 Quiz Bowl. Grup Pramuka putri SDN Tenggulunan telah melewati babak 1 , Babak Semifinal dan Final dengan Mulus.

Di hari pertama (sabtu tanggal 2 Mei 2015) yang ketika malam hari diguyur hujan hebat, semua peserta putri SDN Tenggulunan Alhamdulillaah bertahan (walau ada juga yang ingin pulang..) akhirnya bisa melewati semua rintangan di Scout Challenge.


Juara 1 Scouts Challenge Kabupaten Sidoarjo SDN Tenggulunan putri akan mengikuti Scouts Challenge tingkat regional lalu tingkat propinsi.... dengan hadiah utama pergi ke Amerika !? Luar biasa.... Bagaimana langkah Tim 132 putri dari SDN Tenggulunan sehingga memenangkan Quis Bowl ? tentunya seperti persyaratan mengikuti Quiz Bowl adalah minimal mengumpulkan 20 medali di hari pertama (total menyediakan 32 medali). Nah Quiz Bowl sendiri adalah cerdas cermat dan tantangan fisik ala Deteksi Jawa Pos dengan tema pertanyaan seputar Pramuka, pop culture, Lifestyle, entertainment dan pelajaran SD kelas 4 dan Kelas 4.





Ini dia Peserta Juara 1 Putri SDN Tenggulunan :
  1. NADYA AYUWANDARI
  2. ALYSYAH PUTRI RAMADHANI
  3. SAFIRA RAHMAH
  4. IKE INDAH SARI NUR AINI
  5. FARAH DIAH PITALOKA
  6. SRI LESTARI ISFRIYANTI
  7. AYU AGUSNINGTYAS
  8. INDI RACHMAWATI
  9. UMI KULSUM
  10. SITI FATIMAH AYU
Nah hari senin tanggal 4 Mei SDN Tenggulunan masuk berita di JAwa Pos Lho ... di scout chalengge : 

Nah acara terakhir penyerahan piala ke Kepala Sekolah SDN Tenggulunan dan foto bersama dewan guru SDN Tenggulunan 



Senin, 29 September 2014

LOMBA AKSI KELAS 6 TAHUN 2014

Seperti tahun sebelumnya, tahun inipun untuk TIK materi pengenalan peralatan teknologi yakni Camcorder, foto digital dilakukan dengan langsung praktek. Dimana setiap kelas terbagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelas dipilih yang terbaik dan akan dinilai secara pararel.

Setelah berbagai pertimbangan akhirnya juara satu dipegang oelh kelas 6 B dengan nama kelompok djoker berikut rekamannya


Juara kedua kelas 6a the girl generation


Juara ketiga kelas 6c kelompok twiple

Selamat bagi pemenang, semoga menjadi pengalaman dan pengetahuan untuk masa depan kita semua.

PRAMUKA SDN TENGGULUNAN DI KECAMATAN CANDI

Kegiatan Pramuka sudah mulai digalakkan, apalagi di kurikulum 2013 ini Pramuka merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan, walau belum masuk ke mata pelajaran tapi sifatnya wajib untuk di laksanakan. Nah kali ini SD / MI seKecamatan Candi mengadakan kemah bersama di depan kantor kecamatan candi.

Berikut ini 5 tim cowok dan 5 tim cewek dari SDN Tenggulunan yang mengikuti kegiatan ini sampai selesai.


mereka menginap lho, tapi sampai malam semuanya bisa terus mengikuti kegiatan Pramuka...

PARTISIPASI SDN TENGGULUNAN DI HARI KEMERDEKAAN 2014

Seperti tahun-tahun sebelumnya, SDN Tenggulunan kembali mengeluarkan tim partisipasi peringatan 17 Agustus 2014 yang diadakan Oleh Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. SDN Tenggulunan mengikuti beberapa Lomba antara lain untuk siswa Atletik (lari jarak jauh dan dekat, lompat jauh), sepakbola dan gerak jalan sedangkan para guru mengikuti lomba voli.

Untuk tahun ini tidak ada yang mendapat peringkat 3 besar, maklum tidak ada persiapan sama sekali karena sangat dekat dengan liburan Hari raya. Semoga untuk tahun depan bisa lebih baik.



Nah dibawah ini tim sepakbola.... sayang hanya penyisihan ... sdn tenggulunan melawan sdn sumokali... hasil 1 - 1, lalu adu penalti 4 - 4 ... akhirnya diundi.... apes... kalah... tapi nggak apa-apa... yang penting ikut menyemarakkan HUT RI

Sabtu, 17 Mei 2014

LOMBA PAI

Lomba pendidikan Agama Islam yang mengikuti dari kecamatan Candi dilakukan di masjid Sumokali kecamatan candi kabupaten Sidaorjo. kali ini ada 7 lomba yang dilombakan mulai dari Adzan, Tartil, MTQ, Pildacil, Hafalan quran, Kaligrafi.

Nah kali ini SDN Tenggulunan hnaya mengirim 3 peserta untuk mengikuti 4 lomba, yaitu MTQ dan Tartil, Adzan dan kaligrafi. Alhamdulillaah dari 4 lomba yang diikuti SDN Tenggulunan mendapat juara 2 untuk adzan dan juara 3 untuk tartil. ini dia peserta Lomba PAI dari SDN Tenggulunan

Walau latihan satu hari (karena info nya nggak jelas) patut diacungi jempol 3 teman kita di SDN Tenggulunan berani mewakili dan memenagkan lomba... hmmm  semoga terus mengharumkan nama SDN Tenggulunan.

Sabtu, 05 April 2014

SDN Tenggulunan Berduka Cita (2)

Mungkin ini tidak akan terjadi diberbagai sekolah, dalam jangka waktu yang singkat kami SDN Tenggulunan Kembali kehilangan Kepala Sekolah. Bpk JUMADI, Kepala sekolah sementara (Plt)meninggal dunia. Sebelumnya dua bulan yang lalu H. ABD. ROCHIM, MM kepala sekolah kami juga telah meninggal dunia.

Bapak Jumadi (beliau merupakan yang juga Kepala sekolah SDN Kedungkendo) meninggal dikarenakan pendarahan di otak, ini terjadi ketika beliau sedang memimpin rapat wali siswa kelas 6 di SDN Tenggulunan. Disaat membicarakan tentang kebijakan dan lainnya untuk kelas enam mendadak Pak Jumadi jatuh pingsan. Oleh guru SDN Tenggulunan dan salah satu orang tua siswa dibawa ke Rumah Sakit Sidoarjo.


Sekitar pukul 18.30 WIB Beliau meninggal dunia, meninggal seorang istri dan 1 anak laki-laki. Innalillahi wainailaihirojiuun... Selamat jalan bapak JUMADI, semoga bapak diterima dsisi اَللّهُ dan segala amal ibadah dicatat sebgai amalan yg khusnul khotimah.

Kami segenap Keluarga Besar SDN Tenggulunan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo mengucapkan Belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Terima Kasih Bapak JUMADI, 3 bulan SDN Tenggulunan menjadi bagian dari keluarga merasa sangat kehilangan. Kami segenap Dewan Guru, Murid, Karyawan dan semua unsur masyarakat Tenggulunan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian Bapak JUMADI di Tenggulunan.

Kamis, 30 Januari 2014

SDN TENGGULUNAN BERDUKA CITA

SDN Tenggulunan pada hari minggu malam Tanggal 19 Bulan Januari tahun 2014 berduka cita, ditinggal oleh Kepala Sekolah H. ABD. ROCHIM, MM. Beliau meninggal dikarenakan sakit yang diderita, semoga semua amal perbuatan baikknya diterima Allah dan semua dosanya diampuni Allah.


Kami segenap Keluarga Besar SDN Tenggulunan Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo mengucapkan Belasungkawa yang sedalam-dalamnya. Terima Kasih Bapak H. Abd Rochim, hampir 2 tahun SDN Tenggulunan menjadi bagian dari keluarga merasa sangat kehilangan. Kami segenap Dewan Guru, Murid, Karyawan dan semua unsur masyarakat Tenggulunan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian Bapak H. Abd. Rochim di Tenggulunan.


Kamis, 28 November 2013

AKSI SISWA KELAS 6B 2013

Kalau beberapa postingan yang lalu sudah kita upload aksi anak kelas 6A dan 6C... Oke... berikut ini kami tampilkan kembali aksi / action dari siswa kelas 6B... semoga bisa dinikmati selamanya.

pertama ini kelompoknya Achid, Retha, Putri, DLL... klompok T&... apa ya ? lupa...


Ini dedy dan teman-temanya

ini klompoknya fiki, gloria and friends

Kalau mau dengar dan lihat aksi hip-hip hura-hura... berikut ini :

Sabtu, 09 November 2013

FILM GEBYAR SENI TAHUN 2012

Karena baru selesai diupload, maklum kapasitasnya yang sangat besar sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menguploadnya ini dia Gebyar Seni SDN Tenggulunan tahun 2012 bulan Juli. Semoga bermanfaat bagi semua siswa.



Silahkan menonton... di download juga bisa kok.... Semoga SDN Tenggulunan semakin maju ... dan lebih banyak karya-karya inovatif, kreatif yang keluar.

Jumat, 18 Oktober 2013

VIDEO KREATIF HUT RI DAN SUMPAH PEMUDA

Ini video gerak jalan tahun 2012, dimana SDN Tenggulunan ketika itu mengikuti gerak jalan + drumband + hiburan rakyat. Drumband nya diikuti oleh penari dengan baju khas penarinya. Hmmm karena kelihatannya kreatif nih para pelatihnya nggak ada salahnya ini video termasuk ok... jadi diangkat kembali deh di blog kegiatan sdn tenggulunan.


Ini dia videoanya :


Semoga dengan kreativitas dari para guru dan siswa bisa membuat siswa lebih pintar dan semakin kreatif. Semangat demi memajukan pendidikan Indonesia.

Senin, 14 Oktober 2013

Action dari anak kelas 6 tahun 2013

Seperti tahun-tahun sebelumnya kegiatan pembelajaran di SDN Tengguluanan... kali ini untuk pengetahuan tentang alat teknologi di Muatan Lokal TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)  seperti Smartphone, Kamera dan webcam ... apa beda dan fungsinya. Agar lebih paham maka dipraktekan saja langsung. Berikut penampilan anak kelas 6 dengan menggunakan Kamera (hasil tidak maksimal karena fungsi dari kamera lebih baik untuk memfoto... untuk merekam pakai webcam lebih ok) nah ini deh  goyang yuk keep smile... YKS ala Sdn tenggulunan :



Gimana tampilan mereka ?... oke kan... untuk tampilan yang lainnya masih dalam proses upload ke youtube... jadi sabar ya .....

nah ini yang lainnya :



Minggu, 15 September 2013

GERAK JALAN / BARIS BERBARIS

Dalam rangka memperingati 17 Agustus 2013.... kali ini Sdn tenggulunan mengeluarkan 2 pasukan gerak jalan ... regu LAki-laki dan regu perempuan. Dengan semangat kemerdekaan seluruh peserta sangat antusias dan semangat.... start sampai finish semua berlangsung aman dan terkendali... peserta dari SDN Tenggulunan sehat semua sampai selesai...


ini dia penampakan ketika gerak jalan dan selesai ....



Rabu, 06 Maret 2013

STUDI TOUR KE MOJOPAHIT - MOJOKERTO

Seperti agenda tahunan di SDN Tenggulunan, kali ini siswa-siswi SDN Tenggulunan melakukan kegiatan studi tour ke Mojokerto dengan tujuan bekas kerajaan Mojopahit. Dimana ? di Kabupaten Mojokerto kecamatan Trowulan. Disana terletak Museum dan Candi-candi peninggalan Kerajaan Mojopahit. oke langsung saja ini dia foto-foto kegiatan tersebut :

ini foto dimuseum dipandu mbak beta....

ini foto candi Bajang Ratu
 Candi Brahu
 Foto candi Tikus

Setelah berkunjung kesana kemari.... akhirnya antri masuk Ruangan Bioskop 3D yang disediakan oleh pihak museum Trowulan... isi / kapasitasnya 60 orang.... terus filmnya berisi tentang dinosaurus... lalu cerita tentang  Mojopahit .....

Rabu, 19 Desember 2012

IDUL KORBAN

Kegiatan ini dilakukan agar siswa lebih bisa berbagi pada sesama, yap Idul Korban tanggal 29 Oktober 2009. dengan menyembelih 1 Ekor sapi dan 2 ekor kambing Alhamdulillaah semua berjalan lancar berkat dukungan semua pihak. Banyak sekali yang senang melihat kegiatan ini, terutama anak kelas 5-6 yang juga membantu proses pembagian daging korban.

Semua daging rata terdistribusikan ke seluruh anak kelas 1-6, semoga Penyembelihan korban kali ini menjadikan siswa lebih memiliki rasa empati pada sesama



Selasa, 23 Oktober 2012

LIHAT LUMBA-LUMBA

video
Bulan ini merupakan hari bahagia bagi siswa SDN Tenggulunan, hehehehehh pada bulan ini ada acara melihat bersama aksi lumba-lumba.... diikuti oleh kelas 1-6. 1 hari menjelang hari keberangkatan yang daftar masih 25%... eee hari keberangkatan 90% daftar semua... maklum kalau harga tiket umum Rp 20.000 sedangkan ikut rombongan sekolah hanya Rp 10.000

Karena siswa SDn Tenggulunan yang berjumlah 550 ikut melihat aksi lumba lumba di Gading Fajar sebelah SMAN 2 Sidoarjo maka 150 anak diikutkan gelombang berikutnya... bapak ibu guru pendamping juga ikut lho... ini dia foto-foto nya (untuk kelas 1 dan 2 berangkat naik Kereta kelinci)




Rabu, 26 September 2012

PERPISAHAN KEPALA SEKOLAH

Setelah mengabdi beberapa tahun di SDN Tenggulunan, akhirnya Ibu Hj. TITIK SUMIWATI, S.Pd. harus menjalankan tugas sebagai Kepala Sekolah di SDN lainnya (SDN LArangan) mulai tahun pelajaran baru 2012-2013. Semua Dewan Guru dan siswa SDN Tenggulunan mengadakan Upacara perpisahan khusus kepada Bu Titik Sumiwati.

Sebelumnya juga diadakan perpisahan Komite dengan bu Titik Sumiwati, semoga sekolah yang telah dipimpin Bu Titik yaitu SDN Tenggulunan tetap berjalan lancar di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah baru. Walau terasa berat tapi ini adalah tugas, sekolah negeri bukan milik pribadi, Kepala Sekolah adalah abdi negara, maka tugas negara adalah wajib dilaksanakan.

Minggu, 16 September 2012

LOMBA MENYAMBUT 17 AGUSTUS 2012

Seperti biasa, kali ini SDN Tenggulunan ikut menyemarakkan Lomba 17 Agustus 2012. Banyak juga yang diikuti salah satunya Sepakbola se Kec Candi dan mendapat Juara 1. Ini dia mereka yang tampil :




Dan juga ada gerak jalan, drumband sagita + penarinya... pokoknya kali ini SDN Tenggulunan tampil super deh. Ini dia foto-foto nya :





SDN TENGGULUNAN Alamat : Tenggulunan No. 499 Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo E-mail : sdntenggulunan @gmail.com Sdntenggulunan @yahoo.co.id

Entri Populer

NOMOR INDUK POKOK
PESAN SEKOLAH